Berita

Sarjan dan Aswari Bahas Potensi Desa di Sumsel

Kamis, 01 Juni 2017

Palembang - Krisis kebersamaan dengan mengedepankan sifat individualisme dewasa ini membutuhkan penanganan serius. Sebab pembangunan yang dilaksanakan di daerah harus dilaksanakan secara terpadu dengan mendorong swadaya dan gotong royong melibatkan partisipasi masyarakat secara aktif.

Problem tersebut yang menjadi perhatian serius Dua tokoh politik di Sumatera Selatan, Sarjan Tahir (Wakil ketua BPOKK Partai Demokrat) dan Aswari Rivai (ketua DPD Gerindra Sumsel) saat bersilaturahmi di Palembang, Selasa malam (31/5).

"Khususnya di desa-desa yang sangat besar, baik sumber daya manusianya maupun sumber daya alam khususnya di Lahat," kata Sarjan usai pertemuan. 

Dari pembicaraan tersebut, kedua tokoh sepakat bahwa potensi sumber daya alam harus dimanfaatkan secara maksimal dalam kerangka menuju kesejahterahan rakyat mengentas kesejangan dengan melibatkan sumber daya manusia setempat dengan dibekali dengan meningkatkan kualitas hidup, keterampilan, prakarsa. "Tentunya dengan bimbingan dan bantuan dari semua pihak termasuk pemerintah," sambung Aswari. 

Pertemuan yang juga dihadiri oleh kanwil Patani Sumsel Misliha R dan sekwil Patani, Husyam tersebut, disepakati untuk memanfaatkan potensi SDA maupun SDM di Lahat.

"PATANI bersama rekan-rekan investor akan segera menindaklanjutinya dengan melakukan rangkaian kegiatan seperti pra survey lokasi di bidang energi  dan pertanian," kata Misliha. 

Dikatakan, di bidang energi seperti panas bumi, tambang dan Air serta di bidang pertanian khusunya pengembangan tanaman kopi dari hilir ke hulu yg kesemuanya akan melibatkan masyarakat setempat tanpa meninggalkan kearifan lokal yang dilaksanakan secara terpadu dengan meningkatkan swadaya masyarakat

"Sehingga cita cita  membangun ekonomi yang ramah lingkungan (green economy) yang disampaikan pada orasi ilmiah Presiden RI ke 6 Prof. Dr. SUSILO BANBANG YUDHOYONO di UIN Palembang waktu lalu akan ditindak lanjuti oleh Kanwil Patani Sumsel dengan melakukan Safari ke desa-desa di Sumatera Selatan," ucapnya. 

"Ini kita lakukan karena masyarakat di desa sangat membutuhkan bantuan untuk mengatasi kesenjangan merupakan misi kami Patani Sumsel," timpal Husyam.

Sumber: http://www.detiksumsel.com

A A A