Berita

Sarjan: Pemuda Desa Harus Sehat dan Smart

Minggu, 16 April 2017

Wabup OKI, H M Rifai bersama Dirut Patani, Sarjan Tahir kanwil Patani Sumsel Misliha Rasyim, Sekretaris Patani Sumsel, Husyam Usman saat menyerahkan hadiah kepada pemenang turnamen sepakbola antar Des

Kayuagung - Program Merajut Potensi Desa (MPD) terus mendapat tanggapan postif dari masyarakat Sumsel. Sebab, gerakan yang dipelopori oleh Pandu Tani Indonesia (Patani) ini tidak hanya menyentuh soal pertanian saja, tapi juga segala aspek sampai ke olahraga di pedesaan.

“Kehadiran patani dalam Merajut Potensi Desa menyentuh semua aspek baik ekonomi, sosial sampai olah raga. Sebab dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat atau smart (pintar, red),” kata Ditur Patani Sarjan Tahir usai menyaksikan Grand Final Kejuaraan antar klub Sepakbola Desa se-Kabupaten OKI, Jumat (14/4).

Sarjan menilai, turnamen sepok bola antar desa harus selalu diadakan untuk memperoleh bibit pemain yang bisa diandalkan pada tingkat diatasnya bahkan sampai tingkat nasional. “Selanjutnya ajang turnamen sepak bola desa sebagai bentuk silaturrahim melalui olahmraga baik untuk pemain maupun warga desa (penonton),” tutur pria yang telah bergelut di dunia olahraga dengan menjadi pengurus PSSI Sumsel sejak era tahun 90-an ini.

“Potensi luarbiasa anakmuda di desa-desa ini perlu sentuhan pembinaan dari pencinta dan tokoh yang care terhadap kemajuan sepakbola Indonesia kedepan,” pintanya.

Pertandingan grandfinal antar klub TuGu Mulyo vs klub SP5 Lempuing tersebut, selain disaksikan langsung Dirut Patani, Sarjan Tahir juga hadir Wabub OKI, H M Rifai bersama istri Linda Sofrianti, kanwil Patani Sumsel Misliha Rasyim, Sekretaris Patani Sumsel, Husyam Usman, Kacab patani palembang Reza Ar, Kades Tugu Agung sebagai tuan rumah H Junaidi dan lainnya. “Patani hadir juga akan membina pemain-pemain potensial bisa disiapkan sebagaia enterprenuer muda di desa agar mereka siap secara fisik maupun ekonomi keluarganya dan sebagai penggerak ekonomi desa itu sendiri,” timpal Kanwil Patani Sumsel Misliha Rasyim.

Dalam roud show MPD di OKI ini, Patani bersama Wabub OKI H. M. Rifai juga menggelar diskusi kecil dengan kades-kades tentang potensi dan rencana kerjasama mesin pertanian di Kec. Mesuji dan Lempuing yang dilanjutkan meninjau lahan pertanian untuk pengembangan Hortikultura di Muaro Burnai OKI sesuai dengan Program Pemerintah Pusat. “Inilah langkah-langkah kecil dalam merajut potensi desa, Insyaallah,” tutup Sekwil Patani Sumsel, Husyam Usman. 

Sumber: www.detiksumsel.com

A A A